Pembangunan Turap Saluran PHB Kali Pulo Mencapai 70 Persen

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan saat ini sedang melakukan pembangunan turap di saluran penghubung (PHB) Kali Pulo, di Jalan An Nur RT 14/06, Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu. Saat ini pembangunannya telah mencapai sekitar 70 persen. 

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan, pembangunan turap ini bisa dilakukan setelah adanya koordinasi dan kesediaan warga untuk menyumbangkan lahannya. Sehingga saluran bisa diperlebar, dan masih ada sisa untuk pembangunan turap.

"Pemunduran (lahan) ini untuk pelebaran Kali Pulo dan pembuatan turap permanen. Warga yang memiliki tanahnya setuju, sudah ada surat perjanjian juga," ujarnya, Selasa (19/2). 

Holi menjelaskan, sebelum pembuatan turap, petugas pun memasang cerucuk dolken di sisi bantaran saluran. Ini untuk mencegah tanah di bantaran saluran tergerus aliran air. 

Kasatpel SDA Pasar Minggu Chairul Anwar menambahkan sebanyak enam personelnya dikerahkan untuk pembuatan turap ini. Turap akan memiliki panjang 24 meter dengan tinggi 2,90 meter. "Saat ini pengecoran dilakukan oleh 10 personel. Diperkirakan akhir Februari ini rampung," tandasnya.(p/ab)